Tips Mancing Teknik Dasaran

ESSENOPLOSAN.COM – Dalam memancing ikan ada beberapa teknik yang biasa digunakan oleh para pemancing. Salah satu teknik yang sering digunakan pemancing di saltwater yaitu mancing dasaran.

Mancing dasaran adalah teknik mancing dengan menurunkan umpan hingga ke dasar. Dan target utama teknik mancing dasaran adalah ikan-ikan dasar penghuni karang. Teknik dasaran bisa dilakukan dari atas kapal, tepian pantai atau dari batu pemecah ombak, bisa juga dari atas tebing karang.

Seperti teknik mancing lainnya, mancing dasaranpun diperlukan trik atau pengetahuan khusus. Saat mancing dilaut ada banyak pengaruh seperti kuat atau lemahnya arus, angin, dan cuaca. Untuk Anda yang saat ini akan mancing dengan teknik dasaran, yuk simak tips mancing teknik dasaran yang paling mudah dibawah ini.

>> Pemilihan Senar Pancing

Pemilih alat pancing sangat berpengaruh dalam setiap teknik mancing. Salah satu alat pancing yang sangat berpengaruh bagi keberhasilan memancing yaitu senar pancing. Senar pancing dengan indeks bias yang lebih baik, akan lebih samar dan tidak begitu terlihat di dalam air. Seperti senar fluro carbon yang memiliki indkes bias 1.43, sementara senar yang berbahan nylon hanya memiliki indeks bias 1.53. Kelebihan dari senar fluro karbon yaitu memiliki sensitifitas lebih baik dari pada senar nylon.

>> Penyesuaian Rangkaian Senar

Saat kondisi arus cukup deras, pemakaian line ke hook panjang akan lebih efektif karena saat terkena arus, umpan akan lebih bisa bermain ke kana atau ke kiri. Hal tersebut akan menarik perhatian ikan untuk menyambar umpan.

>> Ketepatan Memilih Umpan

Tidak semua jenis bagus digunakan untuk mancing di laut, biasanya ikan lebih tertarik pada pergerakan mangsa, terkadang juga ikan mencari makan dengan mengandalkan penciumannya. Umpan yang lebih segar akan lebih bagus digunakan karena memiliki aroma yang lebih natural.

>> Memantau Arus Air Laut

Terlalu deras arus air laut akan menyulitkan kita saat mancing. Saat arus air laut sangat deras, ikan kecil akan berlindung di balik karang sehingga ikan besar akan kurang agresif dalam mencari makan. Arus deras juga bisa membuat senar pancing miring saat timah pemberat dan mata kail sudah menyentuh dasar laut. Untuk mengatasi kondisi ini, Anda bisa menggunakan pemberat yang lebih besar.

>> Melihat Kondisi Angin dan Ombak

Ketika hujan atau ombak kencang, ikan laut akan sedikit karena kadar garam pada air laut akan berkurang. hal ini terjadi karena banyaknya air tawar yang terbuat ke laut dan juga tambahakan aliran muara sungai tempat air tawar terbuang ke tengah laut dan menyebabkan ikan menuju ke tengah ke laut.

Itulah beberapa tips mancing teknik dasaran yang paling mudah dijamin strike. Semoga bisa menambah kreativitas Anda dalam memancing. Selamat mencoba dan Salam Strike!!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *